10 Macam Bentuk Mata dan Riasan yang Cocok

Mata adalah jendela dunia. Melalui mata Anda, Anda dapat menyelami atau setidaknya menebak apa yang ada di hati dan kepala seseorang. Itulah sebabnya kontak mata cukup sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Anda adalah orang yang jeli, Anda pasti sudah menyadari bahwa bentuk mata setiap orang berbeda-beda. Begitu juga dengan bentuk mata Anda.

Bisakah Anda mengenali bentuk mata Anda sendiri? Hal ini penting untuk diketahui jika Anda suka menggunakan riasan mata dan ingin mengetahui jenis riasan apa yang tepat untuk Anda.

Baca juga: Mengenal Pakaian Adat Aceh Pria dan Wanita

1. mata almond

(foto: youbeauty)

Sesuai dengan namanya, bentuk mata ini memiliki sudut mata yang sedikit melengkung ke atas, mirip dengan bentuk almond.

Bentuk mata ini disebut-sebut sebagai bentuk mata terindah, lho! Karena pemiliknya mata almond memiliki kontur mata yang ideal untuk memakai semua jenis riasan mata.

2. Mata Bulat

10 Jenis Bentuk Mata dan Riasan Yang Sesuai

(foto: fansshare)

Bentuk mata bulat ini identik dengan kesan feminim. Untuk mempercantik tampilan bentuk mata bulat Dalam hal ini, Anda bisa memfokuskan riasan pada sudut luar mata.

Jika Anda masih bingung apakah bentuk mata Anda termasuk dalam kategori mata bulat Atau tidak, Anda bisa membandingkannya dengan Zooey Deschanel, aktris yang memiliki bentuk mata ini.

3. Mata Monolid

10 Jenis Bentuk Mata dan Riasan Yang Sesuai

(foto: realsimple)

Bentuk mata ini sering ditemukan di Asia Timur. Pemilik mata monolid memiliki kelopak mata yang sempit dengan lipatan yang tidak terlihat saat mata terbuka.

riasan mata monolid ada triknya, loh! Untuk memberikan ilusi mata yang lebar, Anda harus memadukan warna bayangan mata gelap dan terang.

4. mata berkerudung

10 Jenis Bentuk Mata dan Riasan Yang Sesuai

(foto: beautycrew)

Jika Anda memiliki lapisan ekstra di atas lipatan Anda, maka Anda memiliki bentuk mata ini. Mata berkerudung membuat mata Anda cenderung terlihat sayu.

Bentuk mata ini cocok untuk memakai riasan jenis ini mata berasap. Riasan mata aktris dan musisi Selena Gomez juga bisa menjadi referensi untuk Anda.

5. Mata Tertunduk

10 Jenis Bentuk Mata dan Riasan Yang Sesuai

(foto: makeupartistpro)

Sesuai dengan namanya, pemiliknya bentuk mata yang menunduk ke bawah memiliki sudut luar mata yang sedikit lebih rendah. Jika Anda ingin melakukan riasan, Anda dapat mencoba riasan mata mata kucing.

Caranya mudah, yaitu dari sudut luar mata, buat garis ke atas menggunakan eyeliner cair.

Gambar dua garis, masing-masing dari titik tengah garis di atas bulu mata dan dari sudut dalam mata, menuju ujung garis pertama.

Sekarang, yang harus Anda lakukan adalah mengisi ruang yang terbentuk dari garis-garis ini dengan eyeliner.

Baca juga: 5 Pakaian Adat Sunda Jawa Barat, Memiliki Ciri Khas

6. Mata Terbalik

10 Jenis Bentuk Mata dan Riasan Yang Sesuai

(foto: pinterest)

Sekilas bentuk mata yang satu ini mirip dengan bentuk a mata almond. Namun, jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan melihat bahwa sudut mata pada pemiliknya mata terbelalak cenderung naik.

Lipatan bawah juga terlihat lebih tegas dan panjang dibandingkan lipatan mata atas.

7. Mata yg membersil

10 Jenis Bentuk Mata dan Riasan Yang Sesuai

(foto: fashion lady)

Jika Anda adalah pemilik formulir mata yg membersil ini, maka Anda dapat melihat bahwa lipatan mata Anda akan menonjol saat Anda membuka mata. Sementara itu, di bawah mata Anda akan melihat garis tipis.

Nah, agar bentuk mata ini bisa terlihat proporsional, kamu bisa menggunakan eyeliner tebal di bagian atas garis bulu mata. Anda tinggal menggambar garis dari sudut dalam mata menuju sudut luar mata.

8. Mata yang Dalam

Mata yang Dalam

(foto: teenvogue)

Bentuk mata ini cukup unik dengan kelopak mata yang cenderung menonjol ke tulang alis.

Untuk riasan Anda harus menggunakan warna-warna terang pada kelopak mata. Baru setelah itu Anda bisa mengaplikasikan warna yang lebih gelap pada kelopak mata bagian luar.

9. Mata Tertutup

Mata Tertutup

(foto: idiva)

Bentuk mata ini ditandai dengan jarak yang dekat antara mata kiri dan kanan. Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan riasan mata dengan warna-warna terang pada bagian dalam mata.

Kemudian, Anda harus menambahkan warna gelap pada bagian luar mata. Penggunaan eyeliner dan maskara cukup fokus pada bagian luar mata saja.

10. Mata Lebar

Mata Lebar

(foto: desain cantik)

Apakah kebalikan dari mata tertutupyaitu bentuk mata dengan jarak yang lebar antara kedua mata.

Untuk menciptakan ilusi bahwa jarak terlihat lebih dekat, Anda bisa menggunakan eyeliner di sepanjang garis bulu mata atas dan bawah.

Kemudian, Anda bisa menambahkan eyeshadow gelap ke sudut mata bagian dalam.

Itu semua jenis bentuk mata dan riasan yang bagus. Saya harap informasi ini bermanfaat.